Custom text to speech   Click to listen highlighted text! Custom text to speech
Selamat Datang di Situs Resmi K P U kota Balikpapan --SIlahkan-tekan-tombol-accessibility-helper,untuk membesarkan atau mengecilkan tampilan huruf. Website K P U kota balikpapan telah dilengkapi dengan audio untuk membantu yang berkebutuhan khusus, dengan memblok text dan tekan gambar speaker   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Situs Resmi K P U kota Balikpapan --SIlahkan-tekan-tombol-accessibility-helper,untuk membesarkan atau mengecilkan tampilan huruf. Website K P U kota balikpapan telah dilengkapi dengan audio untuk membantu yang berkebutuhan khusus, dengan memblok text dan tekan gambar speaker
Selamat Datang

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kota Balikpapan Gelar Goes to School Lanjutan

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kota Balikpapan Gelar Goes to School Lanjutan

IMG_9492

IMG-20170220-WA0059

BALIKPAPAN – Senin (20/2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan KPU Kota Balikpapan Goes to School dalam rangka program peningkatan partisipasi pemilih (pra pemilih dan pemilih pemula) yang dilaksanakan secara serentak disekolah lanjutan atas seperti SMK Negeri 2, SMA Negeri 5, SMK Setia Budi, SMK Negeri 6 serta SMK Ibnu Khaldun Kota Balikpapan dimana kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi ini dikemas dalam bentuk pelaksanaan upacara bendera.

Hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha, Anggota KPU Kota Balikpapan, Endang Susilowati, Sunawiyanto, Purwo Atmojo, Rudjito, Sekretaris, jajaran Kepala Sub Bagian dan Staff Sekretariat KPU Kota Balikpapan .Dimana pada hari senin ini (20-02-2017) KPU Kota Balikpapan mendatangi 5 (lima) Sekolah sasaran kegiatan KPU Kota Balikpapan Goes to School. Dalam kegiatan upacara bendera ini semua komisioner bertindak sebagai pembina upacara yang telah terbagi dalam 5 sekolah target sosialisasi. Dalam setiap paparan amanatnya, komisioner KPU Kota Balikpapan menyampaikan di hadapan siswa-siswi SMA/SMK mengenai pentingnya pemilu, demokrasi, partisipasi pemilih, tahapan dalam pelaksanaan pemilu, dan juga menyampaikan tentang pelaksanaan pilkada serentak yang telah dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017 yang merupakan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah secara serentak nasional di 101 daerah di Indonesia.

20170220_073428

“Mengubah pemahaman yang selama ini ada, jika ikut memilih dalam pemilu itu hanya buat orang dewasa saja tidak wajib buat anak usia remaja (17 tahun). Selama ini pemilih pemula (pelajar) hanya menjadi objek politik, hanya dilirik untuk sekedar dihitung suaranya saja dan tidak lebih dari itu. Hal ini tentu menjadi satu kebiasaan yang tidak baik dan wajib untuk di perbaiki, dalam pemilu kalian (pelajar) itu harus menjadi Subjek jangan mau hanya menjadi Objek politik. Oleh karena itu KPU Kota Balikpapan hari ini hadir bertujuan untuk melaksanakan pendidikan politik untuk mengajak para siswa sekalian agar memiliki kesadaran politik, jangan menjadi pemilih yang sekedar datang ke TPS untuk memilih atau asal ikut-ikutan memilih tanpa diikuti dengan pahaman dan kesadaran sendiri terkait pilihannya. KPU berharap para siswa siswi dapat menjadi Generasi Muda Sadar Politik, Cerdas dan Kritis dalam menentukan calon pemimpinnya. Menjadi Pemilih Pemula yang Cerdas itu keren”, ujar Endang Susilowati dalam paparannya di SMK Negeri 6 Balikpapan.

Sementara di SMA Negeri 5 Balikpapan anggota KPU Kota Balikpapan, Sunawiyanto ditengah hujan yang saat itu mengguyur Kota Balikpapan dengan penuh semangat beliau berpesan kepada seluruh pelajar di SMA N 5 Balikpapan dan seluruh pelajar yang ada di Kota Balikpapan agar menjadi pemilih cerdas dan memahami mengenai pentingnya pemilu sebagai sarana sirkulasi kekuasaan untuk memilih pemimpin yang kelak akan membawa perubahan terhadap daerahnya.

IMG_1542

“Siswa-siswi SMA Negeri 5 Kota Balikpapan hari ini akan menjadi bagian dari pemilih pemula yang akan memberikan hak suaranya pada Pemilu Gubernur Kalimantan Timur 2018 nanti. Untuk itu, KPU Kota Balikpapan mengajak agar nantinya seluruh siswa-siswi dapat menggunakan hak pilih secara tepat dan benar dan memilih pemimpin dengan cerdas dan tidak ada golput (red-golongan putih). Bentuk-bentuk pelanggaran dalam pemilu, kecurangan, money politic, dan lain-lain, harus kita lawan dan kita hindarkan, agar hasil pelaksanaan pemilu dapat diterima dengan baik oleh seluruh masyarakat,” ujar Sunawiyanto di penghujung acara.

Di SMK Setia Budi, Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha berpesan, tingkat partisipasi pemilih dalam setiap pemilu mengalami trend yang berbeda-beda, kecenderungan partisipasi pemilih akan rendah pada pelaksanaan pilkada dan pileg serta pilgub seperti yang telah terjadi sebelumnya, hal ini tentu harus kita upayakan menjadi lebih tinggi lagi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur pada tahun 2018 mendatang, selanjutnya di Pemilu tahun 2019 nanti , rakyat Indonesia akan memilih anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden secara serentak. Maka hal tersebut harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilih anda.

IMG-20170220-WA0042

“Tanggal 15 Februari 2017 kemarin adalah pelaksanaan Pilkada serentak tahap 2, dimana pada Pilkada serentak tahap 1 lalu Kota Balikpapan termasuk salah satu daerah yang melaksanakan Pilkada serentak tahun 2015 bersama 268 daerah lainnya. Dan KPU Kota Balikpapan telah berhasil menyelesaikan agenda nasional Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Tahun 2015 dengan sukses. Dalam waktu dekat di tahun 2018, kita akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, saya berharap semuanya agar dapat menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, jadilah pemilih yang cerdas, hingga tingkat partisipasi menjadi tinggi”, pungkas Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha di akhir paparannya. (Ardhiy/kpubpp)

Font Resize
Click to listen highlighted text!